0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertamina Tambah Stok BBM Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Permintaan Pertalite meningkat (dok.timlo.net/gg)

Solo – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV pastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) aman saat periode libur Natal dan Tahun Baru. Untuk memastikan ketersediaan pasokan tersebut, Pertamina telah menyiapkan stok tambahan bervariasi disetiap daerah operasionalnya.

“Untuk produk Pertalite Pertamina telah menyiapkan tambahan stok hingga 7 persen dari rata-rata konsumsi harian sebesar 6.205 KL, diikuti dengan kenaikan stok produk lainnya seperti Pertamax naik 8 persen, Pertamax Turbo naik 12 persen, Premium naik 7 persen dan Dexlite naik 7,5 persen,” ujar Unit Manager Communication & CSR Jawa Bagian Tengah, Andar Titi Lestari kepada wartawan, Kamis (7/12).

Penambahan stok tersebut, menurutnya pada saat libur panjang Natal dan Tahun Baru tingkat konsumsi BBM, khususnya untuk produk premium dan pertamax series diprediksi naik. Hal itu menyusul banyaknya masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota untuk mengisi liburan akhir tahun.

Sementara untuk produk Gasoil, seperti Solar dan Pertamina Dex justru diprediksi terjadi penurunan permintaan. Pasalnya pada saat periode libur Nataldan Tahun Baru tersebut kendaraan besar dilarang untuk melintas.

“Untuk bahan bakar minyak subsidi (PSO) seperti Solar diprediksi mengalami penurunan sebesar 1 persen dibanding dengan rata-rata konsumsi harian sebesar 5.355 KL saat kondisi normal. Penurunan pada stok Solar ini disebabkan adanya kebijakan untuk kendaraan besar dan truk dilarang melintas selama libur Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

Sedangkan untuk memonitor stok BBM secara lebih komprehensif, Pertamina wilayah Jateng dan DIY juga membentuk SATGAS (Satuan Tugas) Natal dan Tahun Baru yang diperkuat dengan dibentuknya 14 SPBU dan 20 SPBE kantong yang tersebar di berbagai lokasi guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge