0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Presiden Berikan Anugerah Dana Rakca

(Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan anugerah Dana Rakca ke Bupati Karanganyar Juliyatmono. (Foto:Istimewa))

Karanganyar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan anugerah Dana Rakca ke Bupati Karanganyar, Juliyatmono di istana kepresidenan Bogor, Rabu (6/12). Penghargaan dari pemerintah pusat ini diterimanya untuk kedua kali.

“Anugerah Dana Rakca pada tahun ini yang diterima Karanganyar, jauh lebih prestisius dibandingkan tahun lalu. Kita naik ke peringkat tiga dari sebelumnya peringkat enam untuk daerah berprestasi dalam pengelolaan dana insentif daerah (DID),” ujar Juliyatmono kepada Timlo.net, Kamis (7/12).

Di Istana Kepresidenan Bogor, Juliyatmono menerima penghargaan itu bersama delapan daerah berprestasi dalam pengelolaan DID. Yakni Provinsi Jawa Timur, Sprovinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Banyuwangi, Kota Depok, Kota Semarang dan Kota Surabaya.

Penting diketahui, pemerintah pusat membagi DID bersumber APBN ini ke 313 daerah yang dianggap berhasil mengelola keuangan daerah sesuai aturan berlaku dan tepat guna.

Pemerintah pusat menakar keberhasilan itu dari input, outcome dan output kriteria penilaian seperti pengelolaan keuangan daerah, pelayanan pemerintahan umum, pelayanan dasar publik dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, poin lebih pada Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan penetapan APBD tepat waktu.

“Juga tidak ada masalah hukum terkait penyelenggaraan keuangan daerah,” kata Juliyatmono.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge