0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekonomi Lesu, Tak Berdampak pada Penyaluran KUR

Pemimpin Cabang BRI Sudirman, A Andy Sulistyo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Lesunya kondisi ekonomi yang terjadi sejak awal tahun dianggap tidak terlalu berdampak kepada realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang dilakukan oleh sejumlah perbankan. Bahkan hingga hingga November lalu, tercatat alokasi dana yang telah disiapkan untuk program KUR tersebut sudah terserap hingga 100 persen.

“Realisasi penyaluran KUR yang sudah kita salurkan hingga November lalu mencapai Rp 30,842 Miliar. Jumlah tersebut sudah melebihi dari target yang ditetapkan untuk tahun ini,” ujar Pemimpin Cabang BRI Solo Sudirman, A. Andy Sulistyo kepada wartawan, Kamis (7/12).

Kendati alokasi dana KUR yang telah disiapkan sudah habis terserap, namun ia menyampaikan BRI masih tetap melayani pengajuan kredit KUR yang dilakukan oleh masyarakat hingga Desember. Menurutnya, tingginya realisasi penyaluran kredit KUR tersebut tidak terlepas dari strategi yang dilakukan, baik kerjasama dengan dinas terkait maupun sosialisasi yang telah dilakukan.

“Karena kita tidak ada kantor unit, kebanyakan kredit yang kita salurkan untuk KUR Ritel, yaitu dengan plafon Rp 25-500 Juta,” jelasnya.

Terkait dengan kondisi ekonomi yang sedang lesu, Andy menyampaikan tidak terlalu berdampak banyak kepada proses penyaluran kredit. Bahkan untuk angka kredit macet atau non performing loan (NPL) program KUR tersebut tercatat hampir 0 persen.

Kondisi serupa juga dirasakan BRI Cabang Slamet Riyadi. Pimpinan BRI Cabang Slamet Riyadi, Susanto menyampaikan anggaran yang dialokasikan untuk program KUR pada tahun ini sudah terserap habis sejak November lalu. Rendahnya bunga yang ditawarkan itu dianggap sebagai penyebab program KUR yang digulirkan oleh pemerintah banyak diburu masyarakat.

“Hingga November sudah ada Rp196 Miliar dana yang disalurkan untuk KUR mikro. Kebanyakan untuk sector perdagangan, dengan nilai plafon rata-rata diangka Rp 100-300 Juta,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge