0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Gagas Armada Bus Dilengkapi Pramugari

ilustrasi bus (dok/redaksi Timlo.net)

Timlo.net – Kementerian Perhubungan berwacana membuat aturan yang mendukung adanya pramugari dalam bus angkutan penumpang. Bus jaman sekarang sudah banyak yang bagus dan modern, terutama bus tingkat yang di dalamnya disediakan tempat untuk tidur.

“Bus sekarang sudah ada yang double deck yang dua tingkat itu sudah demikian bagus dalamnya, ada tempat tidur segala macam. Kemarin ada wacana untuk bus yang bagus itu akan ada semacam pramugari (pelayan) lah di dalam,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi di Jakarta, Kamis (7/12).

Budi menjelaskan, kendaraan bus bisa lebih baik lagi jika ada pramugari di dalamnya seperti pesawat dan kereta api. Terlebih, rute bus lumayan jauh dan membutuhkan waktu cukup lama.

“Saya lagi mendorong terutama untuk bus-bus yang double deck sekarang kan sudah mulai banyak dari mulai Jakarta ke Semarang, Jakarta ke Solo,” ujarnya.

Budi mengungkapkan, pihaknya telah menawarkan aturan tersebut kepada beberapa PO Bus.

“Ini lagi saya coba tawarkan kepada mereka kalau bisa ya. Dan kemarin dari beberapa PO bus itu sudah menyampaikan ini kepada saya. Artinya, mungkin ini kalau saya pertegas kembali mudah-mudahan mereka mau.”

Tugas pramugari dalam bus tidak jauh berbeda dengan pramugari di dalam pesawat dan kereta api. Mereka akan memandu dan melayani para penumpang.

“Lebih pada pelayanan ke penumpangnya, mungkin ada yang butuh selimut atau butuh apa.”

Dengan semakin meningkatnya pelayanan bus, Budi berharap masyarakat akan kembali tertarik menggunakan bus sebagai moda transportasi.

“Jadi kesan bus itu sama dengan kopaja, metro mini itu saya akan coba rubah sedikit demi sedikit.”

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge