0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

YouTube Akan Gunakan Lebih Banyak Moderator Manusia

Aplikasi YouTube. (Dok: Timlo.net/ Phone Arena.)

Timlo.net—YouTube memiliki masalah dengan konten mereka sekarang ini. Dengan trik cerdas, beberapa pencipta konten berhasil mengunggah video dengan konten yang agak mengganggu. Misalnya video yang menggambarkan pelecehan anak. YouTube telah menyatakan jika mereka akan mencegah hal ini terjadi. Dalam blog terbaru mereka, perusahaan itu membagikan lebih detil bagaimana mereka melakukannya.

Salah satu caranya adalah dengan memperkerjakan moderator manusia. Filter buatan YouTube bisa menolong mencegah video tertentu terunggah. Tapi sistem ini bisa dimanipulasi. Oleh karena itu, moderator manusia diperlukan untuk mencegah manipulasi ini.

“Kami akan terus menambah jumlah tim kami hingga tahun depan, dengan tujuan membawa sejumlah orang dari Google bekerja untuk menangani masalah konten yang mungkin melanggar kebijakan kami, lebih dari 10 ribu orang pada 2018. Pada waktu yang sama, kami memperluas jaringan akademisi, grup industri dan ahli masalah terkait yang darinya kami bisa belajar dan memperoleh dukungan untuk memahami lebih baik masalah-masalah yang timbul,” tulis YouTube dilansir dari Ubergizmo.

Memang manusia tidak seefisien mesin karena perlu istirahat. Manusia juga kadang-kadang ceroboh. Tapi dikombinasikan dengan sistem filter, AI (Artificial Intelligence)/ kecerdasan buatan dan moderator manusia, YouTube bisa menjadi tempat yang lebih aman untuk semua orang.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge