0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Bawa Google Assistant ke Ponsel Murah

Reliance JioPhone. (dok: timlo.net/ ubergizmo.)

Timlo.net—Google Assistant adalah asisten digital Google yang tersedia di ponsel Android. Walaupun smartphone digunakan oleh hampir semua orang, tapi ponsel biasa masih ada. Masih banyak orang yang mengandalkan ponsel biasa untuk berkomunikasi. Google mengenali hal ini dan berusaha meningkatkan pamor ponsel. Perusahaan itu membawa Google Assistant ke ponsel biasa.

Untuk saat ini, hanya ada satu ponsel yang memiliki fitur ini. Ponsel itu adalah the Reliance JioPhone. Ponsel itu dirilis di India dan memiliki OS (operating system) sendiri, KaiOS. OS itu dibuat berdasarkan Firefox OS buatan Mozilla. Google Assistant dalam ponsel itu dikostumisasi supaya bisa digunakan. Hal ini berarti Assitant dalam ponsel itu mungkin berbeda dengan yang ada pada ponsel Android.

Akan tetapi, fungsi inti dari Google Assistant kurang lebih tetap sama. Hal ini bisa menjadi sebuah tanda baik. Google Assistant bisa tersedia untuk lebih banyak ponsel biasa di masa mendatang. Sejauh ini, Google terus menawarkan produk dan fitur baru untuk pasar negara berkembang. Mereka merilis perangkat Android One, juga Android Oreo (Go Edition). Keduanya pada dasarnya ditujukan untuk pasar negara berkembang.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge