0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BBC Ajari Anak Sekolah Bedakan Berita Palsu

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net—Berita palsu atau hoax adalah masalah besar. Walaupun kesalahan informasi di dalamnya terlihat sepele, tapi hal ini bisa menyebabkan kesalahan persepsi. Hal ini pada akhirnya bisa menyulut prasangka masyarakat terhadap subyek, ras, dan agama tertentu. Oleh karena itu banyak pihak berusaha untuk menekan peredaran berita palsu.

Bahkan BBC berusaha mengambil langkah maju. Media itu berusaha mendidik anak-anak sekolah bagaimana membedakan berita palsu. Mereka akan mengirim para wartawan mereka ke sekolah-sekolah dan acara-cara. Para wartawan in akan mendidik anak-anak membedakan berita palsu. Mereka juga akan mendidik anak-anak berpikir kritis tentang apa yang merek baca online. Jadi anak-anak sekolah bisa membedakan fakta dari fiksi lebih baik.

Ada juga sebuah permainan yang dikembangkan oleh Aardman untuk melatih anak-anak. “Kami di BBC memiliki tanggung jawab nyata di sini. Dengan membagikan pengalaman jurnalistik kami, kami ingin memberikan pada anak-anak muda keterampilan dan kesadaran yang mereka bututhkan untuk membedakan berita asli dan palsu dengan kepercayaan diri,” ujar Director-General of the BBC Tony Hall dilansir oleh Ubergizmo.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge