0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Huawei Kuasai Pasar Cina, Samsung Tidak Terlihat

Kecanduan smartphone. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Kantar Worldpanel merilis penelitian pasar smartphone mereka di seluruh dunia pada periode Agustus-Oktober 2017. Ada sebuah data menarik untuk pasar Cina. Menurut data, Huawei, Xiaomi, Apple, vivo dan Oppo menyumbang 91 % penjualan smartphone di negara itu. Tapi Samsung tidak muncul dalam daftar. Pangsa pasar Apple juga terluka karena iPhone X dirilis terlambat, tulis GSM Arena.

Wilayah-wilayah pinggiran Cina di mana koneksi 3G buruk, Huawei, Oppo dan vivo mendominasi penjualan. Hal ini dikarenakan mereka menjual produk lewat toko offline. Xiaomi, di sisi lain adalah pemain paling berpengaruh secara online. Tapi mereka berhasil membuka berbagai toko sekaligus untuk memenuhi permintaan offline.

Analis Kantar Dominic Sunnebo juga berkata, “Brand Cina seperti Meizu, LeTV, Coolpad, ZTE dan Lenovo sebelumnya berada dalam lintasan yang sama seperti Xiaomi, tapi momentum apapun yang sebelumnya mereka miliki tiba-tiba terhenti, banyak yang berjuang untuk memperoleh pangsa pasar lebih dari 1%.” Dia juga menambahkan kinerja Samsung menurun, hanya berhasil menguasai 2,2% pangsa pasar.

Kantar Worldpanel juga mengukur distribusi OS (operating system). Android memperoleh 4,3% di Eropa dan 8,2 % di Amerika Serikat (AS). Di AS distribusi Android kecil karena rilis iPhone X. Yang menarik kawasan perkotaan Cina, pangsa pasar iOS naik 0,5%.

 

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge