0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siklon Tropis Cempaka Rusak 11 Jembatan di Gunungkidul

Badai Siklon (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Siklon tropis Cempaka mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gunungkidul, DIY pada Selasa (28/11) yang lalu. Bencana banjir ini membuat sedikitnya 11 jembatan di Kabupaten Gunungkidul mengalami kerusakan dan musti diperbaiki.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Edy Praptono menyampaikan 11 jembatan yang rusak itu menyebabkan warga kehilangan akses. Akibatnya jika biasanya warga cukup menyeberang jembatan saat ini warga musti menempuh perjalanan memutar hingga puluhan kilometer jaraknya.

“Total ada 11 rusak yang tersebar di kecamatan, Nglipar, Ponjong, Wonosari, Semin, Karangmojo, Patuk, Paliyan, dan Playen. Estimasi biaya untuk perbaikan jembatan tersebut diperkirakan mencapai Rp 30,9 miliar,” terang Edy, Rabu (6/12).

Edy menerangkan untuk memperbaiki 11 jembatan tersebut telah disiapkan skenario penganggaran lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Selain itu, sambung Edy, pihaknya juga akan mengajukan anggaran ke Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Propinsi.

“Ada lima jembatan yang diusulkan pembiayaannya akan menggunakan anggaran dari propinsi ataupun pusat. Sedangkan sisanya akan dianggarkan lewat APBD 2018,” papar Edy.

Edy menjabarkan untuk perbaikan jembatan tersebut diperkirakan akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 6 bulan. Saat ini, kata Edy, pihaknya baru memasang bronjot untuk menahan bahu sungai paska banjir akibat siklon tropis Cempaka.

“Pemasangan bronjot menghabiskan anggaran Rp 1,2 miliar di setiap titiknya. Dana ini ambil dari dana tanggap darurat. Saat ini yang penting warga bisa melewati sungai dengan aman dulu,” tutup Edy. [eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge