0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Magma di Gunung Agung Makin Menyembul ke Atas

Gunung Agung (merdeka.com)

Timlo.net — Dari hasil pengamatan melalui penginderaan jauh satelit didapati jika di tengah kawah Gunung Agung terjadi pertumbuhan lava. Lava yang terus bertumbuh itu merepresentasikan adanya dorongan dari magma di dalam perut gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut.

Hal itu diterangkan Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana, Rabu (6/12) malam. Ia menjelaskan jika saat ini magma di tengah kawah semakin naik menyembul ke atas.

“Dari deformasi yang sekarang teramati dari satelit bahwa di tengah kawah ini ada semacam pertumbuhan yang terus berlangsung. Artinya masih ada terus pertumbuhan lava baru,” ujar Devy di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Karangasem, Bali.

Dia melanjutkan bahwa sisi kawah terlihat agak mengembang. Meski tak terlalu signifikan, namun Devy menyebut hal itu terjadi karena guncangan gempa low frekuensi yang meningkat beberapa hari belakangan.

“Gempa low frekuensi sendiri mengindikasikan adanya aliran fluida magma ke permukaan kawah Gunung Agung. Itu (gempa low frekuensi) seperti memompa,” ucapnya.

Hanya saja, kata Devy, mengenai kawah yang semakin menyembul dan melebar bagian sisinya itu tak bisa dihitung seberapa diameternya.

“Tidak bisa kita ukur. Itu indikasi karena dia sedang dipompa fluida magmanya,” imbuhnya.

Jika hal itu terus terjadi, kata dia, akan berakibat pada terjadinya pemecahan dan berdampak pada letusan.

“Kalau itu terus terjadi dia bisa pecah, meletus seperti balon yang terus dipompa melebihi kapasitasnya,” tandas Devy.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge