0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jauhi Virusnya, Bukan Orangnya!

Ilustrasi HIV/AIDS (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Karanganyar mengajak simpul masyarakat ikut menjadi agen penyebarluasan informasi bahaya penyakit mematikan itu. Salah satunya menjauhi virusnya, bukan pengidapnya.

“Stigma negatif penderita Aids bakal makin membuat penyakit ini semakin menyebar. Bisa jadi, pengidapnya sengaja menularkan karena masyarakat mengucilkannya. Justru kita harus mendampingi agar mereka tetap bersemangat hidup. Menggandengnya dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Sekretaris KPA Karanganyar, Djatmiko kepada wartawan, Selasa (5/12).

Para simpul masyarakat yang ikut menjadi agen KPA dinilai cara efektif. Warga awam penyakit Aids akan lebih percaya pada tokoh agama dan masyarakat. Dikatakannya, KPA ingin meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap HIV AIDS sebagai cara mengakhiri penyakit itu pada tahun 2030.

Wabup Karanganyar Rohadi Widodo mengatakan virus HIV Aids menyerang sistem kekebalan tubuh hingga menyebabkan pengidap mengalami kondisi kesehatan terburuk. Bukan hanya penderita dari kalangan berperilaku seksual menyimpang, namun juga anak-anak hingga bayi.

“Di Karanganyar terdapat anak umur 14 tahun yang sudah terkena AIDS, kemungkinan sudah terkena dari umur 8 tahun. Adapula penularan dari tiga orang yang masih satu garis keturunan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge