0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Khawatir Gagal, Peternak Sapi Minta IB Digratiskan

Ilustrasi (dok.timlo.net/nanin)
Wonogiri — Peternak sapi di Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri meminta pemerintah agar inseminasi buatan ( IB) digratiskan. Hal demikian lantaran seringnya IB mengalami kegagalan. Jika saja IB dilakukan sebanyak tiga kali dan gagal, maka peternak sudah pasti menanggung kerugian ratusan ribu rupiah, sementara untuk kembali menanti datangnya masa birahi, mereka harus menunggu puluhan hari.
“Saya berharap pemerintah menggratiskan inseminasi buatan (IB), karena dengan tidak berhasilnya IB maka akan terjadi kemunduran proses produksi dan kerugian bagi peternak tradisional,” ujar peternak sapi asal Kecamatan Ngadirojo, Wisnu Tripanoto, Rabu (6/12).
Wisnu  menjelaskan ,setiap satu kali suntik (IB), dirinya harus merogoh kocek sekitar Rp 60 ribu untuk satu ekornya. Ia juga mengaku sempat mengalami kegagalan, dimana salah satu hewan ternaknya dilakukan IB sebanyak tiga kali, otomatis ia harus menanggung kerugian Rp 180 ribu. Dia pun menyebut jika tanpa dukungan petugas inseminator yang handal dan profesional,mustahil program pemerintah bakal terwujud.
“Padahal IB itu diulang lagi ketika si sapi kembali masa birahi yaitu minimal 21 hari sekali. Otomatis jika tidak berhasil, peternak akan menanggung pakan selama 21 hari itu, apalagi semboyan pemerintah sendiri ingin swasembada daging,” kata dia.
Sementara itu, Kepala Dislapernak Wonogiri Rully Pramono Retno menyebutkan, program peternakan sapi di daerahnya terus digenjot. Melalui sistem kawin suntik atau IB (inseminasi buatan) .Ia juga mengatakan, populasi sapi dipertahankan hingga sekarang, termasuk mengeluarkan larangan pemotongan sapi betina produktif di daerah itu. Dia juga menyebut, di Wonogiri saat ini ada 67 petugas inseminasi yang tersebar di sejumlah kecamatan.
“Banyak indukan sapi betina kita yang justru dikirim ke Sumatera karena kualitasnya yang bagus,” jelasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge