0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Belum Punya RPH, Bupati Prihatin

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Bupati Wonogiri Joko Sutopo berharap anak muda berani tampil sebagai pengusaha peternakan yang handal. Di sisi lain, Bupati prihatin lantaran di daerahnya belum memiliki rumah pemotongan hewan (RPH).

“Padahal Wonogiri ini populasi ternak, khususnya sapi terbesar kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Kabupaten Blora yakni kisaran angka 157.000 ekor,” ungkap Bupati Joko Sutopo seusai menggelar Sarasehan Pelaku Usaha Bidang Veteriner (Kesehatan Ternak), di Komplek Setda Pemkab Wonogiri, Rabu (6/12).

Di depan ratusan peserta sarasehan yang terdiri para jagal, pedagang obat hewan, pembuat pakan ternak, perangkat desa dan koordinator petugas peternakan se Wonogiri, Bupati mengungkapkan keprihatinannya, dimana Wonogiri belum memiliki RPH.

Sedangkan sejumlah kabupaten tetangga yang notabene populasi ternak sapinya rendah telah memiliki RPH. Menurut dia, terkait RPH sudah didiskusikan dengan berbagai pihak, meski demikian belum ada realisasi.

“Akibatnya  sapi dari Wonogiri dijual hidup-hidup ke luar daerah, setelah kembali masuk Wonogiri dalam bentuk daging yang harganya jauh lebih mahal,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge