0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alasan KPK Belum Limpahkan Berkas Setnov

Ketua DPR Setya Novanto jadi tahanan KPK (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhati-hati dalam melakukan pelimpahan berkas perkara tersangka dugaan korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto (Setnov). Meskipun, KPK menyatakan berkas perkaranya sudah lengkap.

“Perubahan sangat cepat kita mengatakan a b c, kita perlu hati-hati saja karena dinamikanya tinggi,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang di Jakarta Selatan, Rabu (6/12).

KPK perlu melakukan cek kembali bukti-bukti atau fakta persidangan terhadap Setya Novanto sebelum bisa melakukan pelimpahan. Namun kalau penyidik dan jaksa penuntut telah sepakat berkas sudah semuanya lengkap bisa saja langsung dilimpahkan.

“Kita tunggu dulu saja kita pelajari setiap ini kan kita krossceknya pengakuan atau apa perlu dikrosscek ulang,” kata Saut.

Saat ditanya apakah pelimpahan tersebut dilakukan hari ini, Saut belum bisa memastikan. Ia menyatakan perlu koordinasi dulu dengan pimpinan yang lain.

“Kita lihat dululah,” jelas dia.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan berkas perkara Setya Novanto telah lengkap atau P21. Selanjutnya, KPK tinggal menyerahkan tersangka korupsi e-KTP itu dan melimpahkan berkas ke Jaksa Penuntut Umum.

“Perkembangan proses penyidikan kasus e-KTP dengan tersangka SN sudah selesai dan dinyatakan lengkap/P21. Selanjutnya aspek formil penyerahan tersangka dan berkas dari penyidik ke JPU akan diproses lebih lanjut,” kata dia, Selasa (5/12) kemarin.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge