0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasad dan Kasal Siap Dipimpin Marsekal Hadi Tjahjanto

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (dok.timlo.net/achmad khalik)

Timlo.net — Komisi I DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan kepada Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI baru. Turut hadir mendampingi Hadi, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Mulyono dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Ade Supandi.

Gatot mengatakan kehadiran Mulyono dan Ade Supandi merupakan bentuk kesiapan mereka dipimpin oleh Hadi jika lolos uji kelayakan dan menjadi Panglima TNI baru. Penunjukan Hadi oleh Presiden Joko Widodo telah didiskusikan bersama dirinya, Mulyono dan Ade.

“Sebagai wujud yang pertama bahwa pak Kasad, Kasal seniornya pak Hadi secara akademik 3 tahun. Menunjukkan bahwa dengan mengantar ini Kasad dengan Kasal mengatakan kepada saya siap untuk dipimpin Pak Hadi begitu DPR sudah memberikan persetujuan dan Pak Hadi dilantik,” kata Gatot di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12).

Dia mengaku siap memberikan tongkat estafet kepemimpinan di institusi TNI kepada Hadi setelah resmi dilantik sebagai Panglima TNI baru.

“Pantasnya saya mengantar ke sini sebagai pertanda bahwa begitu sudah disetujui kemudian dilantik maka saya dengan tulus ikhlas tongkat saya berikan kepada Pak Hadi dan saya siap mendampingi apabila dilakukan,” terangnya.

Mantan Kasad ini menambahkan, alasan Presiden tidak memilih Mulyono dan Ade karena keduanya akan memasuki masa pensiun pada 2019.

“Mengapa presiden tak memilih Kasad dan Kasal tapi Hadi sama-sama potensinya karena mengawal pesta demokrasi di tahun politik itu bukan hanya 2018 sampai akhir 2019. Kasad 1 juni pensiun, Kasal Januari 2019. Pensiun terputus padahal seterusnya,” tandasnya.

Terpisah, Hadi tak terlalu banyak bicara jelang uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI. Dia hanya meminta doa agar uji kelayakan dan kepatutan berjalan lancar.

“Ini penting sekali untuk sangat penting tolong doakan saya nanti melaksanakan fit and proper test semuanya berjalan lancar,” tukasnya. [rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge