0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Samsung Mulai Produksi Memori Internal Smartphone 512GB

eUFS Samsung. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Tempat penyimpanan internal smartphone paling besar saat ini adalah 256GB. Akan tetapi hal ini akan berubah di masa mendatang. Samsung baru-baru ini mengumumkan mereka mulai memproduksi massal Universal File Storage (eUFS) 512GB. Tempat penyimpanan itu dikatakan yang pertama dalam industri.

Samsung berharap eUFS ini akan berguna untuk perangkat seluler seperti smartphone dan tablet. Mereka membanggakan produk mereka, menyatakan jika eUFS ini memiliki kinerja yang luar biasa. “Terdiri dari delapan 64-layer chip 512GB V-NAND dan sebuah chip controller, semua ditumpuk bersama, UFS 512GB baru Samsung meningkatkan densitas eUFS 256GB 48-layer V-NAND yang sebelumnya dimiliki Samsung,dalam ruang yang sama dengan paket 256GB,” tulis Samsung dilansir dari Ubergizmo.

Penggunaan chip V-NAND juga dikatakan meminimalkan peningkatan energi yang akan dikonsumsi. Hal ini berarti di atas kertas, tempat penyimpanan ini efisien dalam hal energi. Perusahaan itu juga menyatakan tempat penyimpanan baru ini bisa membaca dan menulis dengan kecepatan 860MB/ detik dan 255 MB/ detik. Hal ini berarti pengguna bisa mentransfer video Full HD 5GB ke dalam tempat penyimpanan dalam waktu 6 detik.

Saat ini belum jelas produsen smartphone mana yang akan menggunakan eUFS baru ini. Mungkinkah Samsung menggunakannya sendiri untuk Galaxy S9 dan S9+? Ataukan produsen kompetitor? Hanya waktulah yang bisa menjawabnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge