0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti Kembangkan Jaringan Syaraf Untuk Perbaiki Foto Resolusi Rendah

Deep Image Prior. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Pada jaman dulu, mempertajam foto atau video beresolusi rendah dianggap sebagai hal yang mustahil. Akan tetapi, hal ini perlahan-lahan mulai menjadi kenyataan. Hal ini berkat pengembangan AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. AI digunakan untuk meningkatkan foto-foto beresolusi rendah.

Misalnya penelitian Let’s Enhance dan Google yang mengajari AI mengedit foto. Tidaklah mengherankan jika para peneliti lain mengembangkan teknologi yang sama. Misalnya sebuah jaringan syaraf AI yang disebut Deep Image Prior. Jaringan ini tidak hanya mempertajam foto beresolusi rendah. Tapi juga rupanya memperbaiki file gambar yang rusak.

Yang menarik dari metode khusus ini, AI tidak diajari terlebih dulu. Deep Image Prior menggunakan foto atau gambar sebagai panduan. “Metode kami menggunakan randomly-initialized ConvNet untuk meningkatkan kualitas sebuah gambar, menggunakan strukturnya sebagai sebuah gambar sebelumnya; mirip dengan bicubic upsampling, metode ini tidak memerlukan pembelajaran, tapi menghasilkan hasil yang lebih bersih dengan ujung-ujung yang lebih tajam,” tulis para peneliti dalam laporan mereka dilansir oleh Ubergizmo.

Penelitian ini menarik dan lebih efisien dibandingkan jika dilakukan manusia. Tapi apakah teknologi ini akan dikembangkan ke dalam software editing foto mainstream belum diketahui.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge