0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Burung Merpati Ternyata Paham Konsep Ruang dan Waktu

Merpati. (Dok: Timlo.net/ Metro.co.uk)

Timlo.net—Burung merpati ternyata agak cerdas dan paham ide abstrak seperti ruang dan waktu. Dalam percobaan, beberapa burung merpati diperlihatkan garis horizontal statis pada layar komputer.

Burung-burung itu harus menilai panjang atau durasi garis itu terlihat di layar. Kumpulan burung merpati menilai jika garis yang lebih panjang memiliki durasi waktu yang lebih lama. Mereka juga menilai jika garis yang tampil lebih lama memiliki durasi waktu yang lebih lama. Hal ini menurut peneliti berarti merpati menggunakan sebuah bagian otak untuk menilai ruang dan waktu. Dua konsep ini tidak diproses secara terpisah, tulis Metro.co.uk.

Hasil serupa ditemukan pada manusia dan primata lainnya. Profesor Edward Wasserman dari the University of Iowa di Amerika Serikat (AS) berkata:”Kecakapan kognitif burung-burung ini ini sekarang dianggap lebih dekat dengan manusia dan primata non manusia.”

Edward sudah meneliti kecerdasan merpati, burung gagak, baboon, dan binatang lain selama 40 tahun. “Sistem saraf burung-burung itu mampu mencapai hal-hal yang lebih besar dibandingkan istilah yang merendahkan, ‘otak burung’,” tambahnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge