0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Gunung Kemukus Tolak Lakukan Pemeriksaan AIDS

Pemeriksaan HIV/AIDS warga Gunung Kemukus, Kecamatan Sumberlawang, Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Sejumlah warga di Desa Pendem, Kompleks Wisata Religi Gunung Kemukus, Kecamatan Sumberlawang, Sragen menolak dilakukan pemeriksaan VCT (Voluntary Counseling dan Testing), untuk mengetahui positif HIV/AIDS atau tidak. Mereka menolak menghadiri undangan dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sragen untuk diperiksa VCT.
“Yang menolak tidak bisa kita paksa. Ya sudah itu hak mereka. Tetapi tadi bupati memprogramkan akan dilakukan tes VCT untuk warga di 20 kecamatan yang disinyalir memiliki resiko penularan HIV,” kata Sekretaris KPA Sragen, Haryoto, Selasa (5/12).
Padahal jauh hari sebelumnya, KPA sudah menyosialisasikan bakal ada tes VCT bagi 700 warga Desa Pendem dan desa sekitar areal Gunung Kemukus. Tes ini sendiri sebenarnya untuk memastikan ada tidaknya warga komplek Gunung Kemukus yang terjangkiti HIV/AIDS.
Pasalnya, Gunung Kemukus mempunyai image kurang baik, dan disinyalir menjadi salah satu tempat penularan HIV/AIDS terbesar di Bumi Sukowati.
Menurut Haryoto, memang tidak semua warga yang hadir bersedia mengikuti tes VCT. Tanpa menyebut jumlah secara rinci, kata Haryoto, banyak warga yang enggan mengikuti tes tersebut.
Haryoto menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan puncak dari Peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kabupaten Sragen. Sedangkan tema yang diusung adalah “Saya Berani, Saya Sehat”.
Peringatan Hari AIDS tersebut dihadiri Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, sejumlah kepala dinas dan Forkompinda Sragen.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge