0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kawal Dana Desa, Polres dan Pemkab Teken MoU

Polres Wonogiri dan Pemkab Wonogiri teken MoU terkait pengawalan dan pendampingan dana desa (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Aparat kepolisian dan TNI diperbantukan dalam pengawasan penggunaan dana desa sesuai peruntukkannya. Hal demikian diklaim lantaran terbatasnya jumlah personel kejaksaan dalam mengawal dana desa.

“Tugas ini merupakan perintah Presiden RI, untuk ikut mengawal dana desa. Sehingga dana desa sesuai peruntukkannya dan tepat seperti yang diharapkan pemerintah pusat, ” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora di sela Sosialisasi Kenaikan/Penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak PBB -P2 dan Penandatanganan MOU Kerjasama Pencegahan/Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Dana Desa di Pendopo Rumdin Bupati, Selasa(5/12).

Kapolres mengaku, pihaknya sudah dikejar-kejar oleh presiden akan kegiatan di tingkat desa yang berkaitan dengan pendampingan dana desa untuk pembangunan desa dan menyejahterakan masyarakat pedesaan. Selain itu, dapat mempercepat pembangunan pedesaan khususnya di Wonogiri.

“Kita sudah meminta kepada Pak Bupati kalau semua akan kita kawal terus,” katanya.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, bahwa saat ini pengawasan dana desa melibatkan Polri dan TNI. Penandatanganan MoU dengan kepolisian maka sifatnya legal sebagai pendampingan. Sehingga ketika timbul permasalahan yang berindikasi akan ada penyimpangan di 251 desa di Wonogiri ini, maka para pemerintahan desa akan langsung berhadapan dengan hukum.

“Mari mulai rubah pola pikir kita (pemerintah desa), dimana dalam penggunaan dana desa dituntut untuk mengutamakan transparansi. Maka melihat kondisi ini kami bekerja sama dengan kepolisian agar dapat bisa sinkronisasi dilapangan tentang dana desa secara tranparasi. Sehingga nantinya satu sen pun dapat dipertanggungg jawabkan . Dengan MoU ini, ketika ada manipulasi yang dilakukan oleh oknum, nantinya akan dihadapkan dengan hukum, ” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge