0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sosialisasi Bahaya Aids Sasar Warga Pinggiran

Para sukarelawan KPA Karanganyar mengajak warga Kerjo senam massal di Hari Aids Sedunia (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sukarelawan penanggulangan HIV-Aids Karanganyar menggelar senam massal dan pemeriksaan Voluntary Conseling and Testing (VCT) di Bendungan Gondang, Kerjo, Selasa (5/12). Kegiatan itu dalam rangka peringatan Hari Aids Sedunia.

“Sebenarnya sasaran penanggulangan HIV-Aids menyeluruh. Namun di perlu penekanan lebih di wilayah rentan penyebaran penyakit itu,” ucap Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo kepada wartawan.

Penting diketahui, lokasi penyenggaraan acara itu di perbatasan Karanganyar-Sragen. Satpol PP kerap mengamankan perempuan penjaja seks dan pria hidung belang di sana.

Adapun tes VCT mutlak dilakoni para kalangan rentan terjangkit virus mematikan itu. Jangan sampai pengidap menularkannya lagi secara sengaja maupun tidak sengaja ke orang lain.

“Jika positif mengidal, maka dijaga kesehatannya dengan minum Antiretroviral (ARV) untuk memperlambat penyebaran virus di tubuh,” katanya.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karanganyar, Djatmiko, mengatakan butuh penyebarluasan informasi bahaya HIV/Aids bagi masyarakat pedesaan. Ia mengajak seluruh simpul masyarakat menjadi agen penyebarluasan informasi. Di lokasi, mereka mengenakan pita merah di lengan baju sebagai tanda gerakan mendunia itu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge