0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wow, Secangkir Kopi Ini Dijual Senilai Rp 12 Juta

Kopi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Dalam salah satu episode video “Worth It” di YouTube, Buzzfeed mencoba kopi dari tiga kedai kopi di Jepang yang dijual dengan harga berbeda. Mereka ingin mengetahui kopi manakah yang menawarkan rasa terenak. Juga apakah perbedaan harga mempengaruhi rasanya.

Kedai pertama yang mereka kunjungi adalah R.O.Star di Tokyo. Kedai itu menjual segelas es kopi seharga 100 yen (Rp 12.000). Kedai kedua adalah Coffee Elementary School di Tokyo. Salah satu menu mereka, C.E.S Blend dijual 400 yen (Rp 48 ribu) per cangkir. Yang paling unik adalah kedai kopi ketiga The Münch di Osaka. Salah satu menu andalan mereka adalah kopi yang disimpan dalam barel selama 22 tahun. Secangkir kopi ini dijual senilai 100 ribu yen (Rp 12 juta). Padahal harga secangkir kopi Luwak di Amerika Serikat (AS) paling mahal dijual senilai Rp 1 juta.

Lantas apa keistimewaan kopi berusia 22 tahun ini? Sang pemilik kedai, Kanji Tanaka mengisahkan bagaimana dia menemukan resep kopi ini secara tidak sengaja. Kedainya pernah menawarkan menu kopi bernama “Spartan”. Kanji akan menyeduh kopi dalam jumlah yang cukup banyak dan menyimpannya di kulkas. Tujuannya supaya kopi bisa disajikan lebih cepat. “Tapi suatu saat saya lupa jika saya membuatnya. Pada akhirnya kopi itu tersimpan di kulkas selama setengah tahun,” ujar Kanji.

“Saya berpikir untuk membuangnya karena tanggung jawab saya merasa tidak bisa menyajikannya lagi, tapi saya pada akhirnya mencoba rasa kopi itu karena penasaran. Saya terkejut karena rasanya masih baik,” tambah Kanji.

Dia lantas memiliki ide dari ketidaksengajaan ini. Dia menyeduh kopi dan menyimpannya dalam barel-barel kecil. Barel itu biasanya digunakan untuk menyimpan minuman alkohol. Dikatakan jika minuman keras murah disimpan dalam barel itu rasanya akan lebih baik. Dia mengaku setelah melewati 10 tahun, rasa kopi menjadi begitu manis seperti sirup. Kanji membuat kopi itu menggunakan biji kopi mentah yang berusia 20 tahun. Biji itu dipanggang, digiling halus dan diseduh selama 30 menit.

“Hanya ada satu kopi seperti di dunia. Minuman ini mirip seperti puisi. Sebuah puisi yang bisa Anda minum,” ujar Kanji.

Para anggota tim Buzzfeed mencoba kopi itu. Saat dicium aromanya, mereka merasa mencium aroma minuman anggur dan coklat. Mereka berkata jika kopi itu memiliki perpaduan rasa coklat dan anggur. Mereka mengaku tidak pernah meminum kopi yang rasanya seperti itu. Kopi berusia 22 tahun itu layak untuk dicoba, kata mereka.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge