0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KNPI Desak Pemkot Solo Segera Bentuk BNK

Ketua DPD KNPI kota Solo, Bambang Nugroho (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Solo mendesak pemerintah untuk segera melakukan pembentukan Badan Narkotika Kota (BNK). Pembentukan BNK ini dirasa sangat mendesak lantaran semakin maraknya peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di masyarakat.

“Seperti kita ketahui ya kita baru saja kecolongan dengan adanya industri pembuatan obat terlarang di kawasan kita. Ini tetangga kita sendiri lho, bagaimana narkotika dan obat-obatan terlarang ini sangat dekat dengan kita, artinya sudah pada tingkatan berbahaya,” kata Ketua KNPI Solo, Bambang Nugroho saat dihubungi Timlo.net, Selasa (5/12).

Bambang menjelaskan, pembentukan BNK sedikit banyak akan memberikan rasa aman terhadap masyarakat dari ancaman peredaran narkoba. Keberadaan BNK sekaligus juga akan membuat pengedar berfikir ulang dalam menjajakan barang haram tersebut di Solo.

KNPI Solo juga menyoroti banyaknya kegiatan sosialisasi yang hanya dilakukan di tingkat sekolah dan mahasiswa. Dirinya menganggap hal itu tidak salah, lantaran bisa menjauhkan penyalahgunaan narkoba dari pelajar. Namun Bambang mengusulkan sosialisasi yang lebih tepat sasaran, yakni kepada mereka yang memiliki “potensi besar” untuk menggunakan narkoba.

“Misalnya di Pub, Bar, Cafe, atau lokasi hiburan malam lainnya. Kan di sana ini yang lebih berpotensi. Karenanya perlu diingatkan, disosialisasi, bahwa narkoba itu bahaya. Dengan mengerti bahayanya narkoba mereka akan sadar dan tidak mau menggunakan,” ujarnya

Seperti diberitakan desakan pembentukan BNK Solo mencuat pada tahun 2015 silam. Saat itu Polda Jateng mengumumkan bahwa Kota Bengawan menduduki peringkat kedua dalam peredaran narkotika di Jawa Tengah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge