0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Obyek Vital yang Rusak Diterjang Bencana Segera Direhabilitasi

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Pemkab Wonogiri bakal melakukan rehabilitasi sejumlah obyek strategis khususnya sarana infrastruktur yang jebol akibat diterjang bencana alam pekan lalu. Rehabilitasi obyek strategis yang  meliputi jalan dan jembatan bakal dilakukan lebih awal menggunakan anggaran dana BTT.
“Dan hari ini sudah action. Untuk kerugian akibat bencana alam kita belum tahu ,saat ini masih dalam tahap inventarisasi,” beber Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Selasa (5/12).
Saat ini Pemkab Wonogiri telah menyiapkan belanja tidak terduga (BTT) sebesar Rp 1,9 miliar untuk mengatasi dampak bencana alam longsor dan banjir, pekan lalu. Belanja tersebut akan digunakan untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak akiba bencana alam.
“Nanti ada tim terpisah yang tugasnya menyiapkan kajian berapa nilai kerugian dan juga tim teknis, dimana mereka bertugas melakukan perbaikan,” katanya.
Menurut Bupati, saat ini pihaknya menggunakan basis data lokal, khususnya dalam pemanfaatan dana BTT.  Pihaknya pun telah menginventarisasi sejumlah obyek-obyek vital seperti ruas jalan dan jembatan.
“Yang jelas ini merupakan upaya konkrit Pemkab Wonogiri dalam menyikapi dampak bencana alam yang terjadi secara bersamaan ini,” jelasnya.
Seperti diketahui, akibat bencana alam banjir dan tanah longsor pekan lalu, ada tiga jembatan di Kecamatan Tirtomoyo jebol. Akibatnya akses jalan tertutup. Warga pun terpaksa harus memutar belasan kilometer. Sedangkan di Kecamatan Karangtengah, ada ruas jalan yang ambrol akibat diterjang tanah longsor. Hal serupa juga terjadi di beberapa kecamatan lainnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge