0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Bahayanya Jika Anak Terlalu Sering Gunakan Internet

Budi Widiyarto di depan mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unisri (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Motivator Pendidikan Dasar, Budi Widiyarto menyatakan, mayoritas ahli meyakini bahwa terlalu sering menggunakan aktivitas online membahayakan anak-anak. Menghabiskan waktu berjam-jam di dunia maya telah menyebabkan kemerosotan kemampuan anak untuk membaca ekspresi wajah orang dan memahami konteks emosional.

“Akibatnya, interaksi sosial menjadi lebih canggung, dan ada salah tafsir yang lebih besar selama pertemuan tatap muka,” ungkap Budi Widiyarto di depan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) dalam acara bertemakan “Sisi Psikologis Penggunaan ICT pada Anak Information and Communications Technology (ICT)”, di Solo, Senin (4/12).

Menurutnya, kesalahpahaman ini dapat meningkat pada anak-anak, mulai dari masalah memahami pelajaran kelas hingga intimidasi di antara teman sebayanya. Kecanduan anak-anak terhadap aktivitas online telah mengakibatkan kurang interaksi dengan anak-anak lain di luar sekolah.

Selain itu, menurut Budi, penyimpangan yang terjadi akibat aktivitas penggunaan ICT berlebihan tersebut, misalnya, individual space meningkat, yaitu meningkatnya ruang individual karena telah memperoleh informasi melalui media komunikasi yang canggih seperti internet.

“Orang akan lebih menyukai duduk di depan komputer yang berinternet daripada bersosialisasi dengan orang lain di dunia nyata,” jelasnya.

Begitu pula kecemasan sosial terhadap suatu fenomena meningkat. Dengan adanya media komunikasi yang berteknologi tinggi maka informasi akan lebih cepat menyebar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge