0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bahan Kimia Ini Ternyata Sering Disalahgunakan

Bahan kimia Nitrid Acid (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Terdapat sejumlah bahan kimia yang biasa disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Meski dari penjual atau toko bahan kimia telah menerapkan prosedur yang sesuai, akan tetapi penggunaan dilapangan sangat sulit untuk dikontrol.

“Kami sudah menerapkan beberapa prosedur bahkan sampai tiga lapis untuk meminimalisir dampak penggunaan bahan kimia yang disalahgunakan. Tapi, penggunaannya dilapangan kami tidak bisa melakukan pengontrolan,” terang Pimpinan PT Brataco, Sadap Khadafi kepada Timlo.net, Selasa (5/12) siang.

Untuk membeli bahan kimia, kata Khafafi, seorang pembeli wajib menunjukkan kartu identitas asli. Selain itu, juga disertai dengan lampiran penggunaan terkait bahan kimia tersebut. tak sampai disitu, pembeli harus bersedia untuk difoto sebagai bukti bahwa yang bersangkutan tidak melakukan penyalahgunaan.

Khadafi mencontohkan, bahan kimia yang rawan disalahgunakan adalah jenis Nitric Acid dan Asam Sulfat. Untuk membeli kedua bahan tersebut, wajib menunjukkan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Nitric Acid biasanya digunakan untuk bahan peledak. Sedangkan Asam Sulfat biasanya dikenal dengan air keras bersifat korosif dan rawan untuk digunakan sebagai tindak kejahatan,” jelas Khadafi.

Melalui pengecekan yang dilakukan tersebut, pihaknya berharap pihak terkait mampu mengontrol penggunaan obat kimia berbahaya. Meski pihaknya telah memberlakukan aturan ketat, dengan kepedulian semua pihak tentunya dapat menekan penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge