0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apotek dan Toko Kimia Dicek Mendadak, Ini Hasilnya

Kasatnarkoba Polresta Solo Kompol Edy Sulistyo dan Walikota FX Hadi Rudyatmo melakukan pengecekan di toko bahan kimia  (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Satnarkoba Polresta Solo bersama dengan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo melakukan pengecekan terhadap sejumlah apotek dan toko bahan kimia. Pengecekan yang dilakukan ini menyusul terbongkarnya pabrik Pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) di Kawasan Jl Setia Budi No 66 Kampung Cinderejo Lor RT01/ RW04 Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

“Pengecekan ini melibatkan unsur terkait mulai dari Satnarkoba Polresta Solo, Pemkot yang dalam hal ini dilakukan langsung oleh Bapak Walikota dan dari Dinas Kesehatan Kota Solo,” terang Kasat Narkoba Polresta Solo, Kompol Edy Sulistyanto, Selasa (5/12) siang.

Empat lokasi yang dilakukan pengecekan, yakni Toko Bahan Kimia “Bratachem” dan Apotek “Kondang Waras” yang terletak di Jl dr Radjiman. Lalu, diteruskan ke Toko Bahan Kimia “Sumber Hidup” di Jl Kapten Mulyadi dan Apotek “Widuran” di Jl Sultan Syahrir. Dari hasil pengecekan yang dilakukan, pengelola tempat usaha tesebut telah melakukan prosedur sesuai penjualan obat maupun bahan kimia.

“Dari hasil di lapangan, sudah sesuai dengan prosedur penggunaan,” terang Kompol Edy Sulistyanto.

Menurutnya, pengecekan dengan melibatkan sejumlah unsur dari Pemkot dinilai sangat perlu. Mengingat, pengawasan obat keras maupun bahan kimia sering lengah dan dimanfaatkan untuk pihak tak bertanggung jawab.

“Maka dari itu, jangan sampai kecolongan. Jika pihak terkait sering melakukan pengecekan, tentunya dapat menekan penyalahgunaan,” kata Kasat.

Di tempat yang sama, Walikota FX Hadi Rudyatmo mengimbau kepada tempat penjualan obat dan bahan kimia supaya tidak melayani pembeli tanpa dilengkapi persyaratan. Mengingat, obat maupun bahan kimia sangat rawan untuk disalahgunakan.

“Jangan sampai penjual lengah. Membeli harus sesuai prosedur. Baik menggunakan identitas diri maupun dengan resep dokter,” tegas Walikota.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge