0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Para Peneliti Temukan Cara Kalahkan Sistem Pengenal Wajah

Sistem pengenal wajah. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Seperti teknologi kebanyakan, sistem pengenal wajah (facial recognition) memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya sistem itu bisa digunakan sebagai alat keamanan. Kelemahannya adalah beberapa perusahaan menggunakan sistem ini untuk mengidentifikasi orang dalam foto dan video. Hal ini tidak membuat semua orang merasa nyaman, tulis Ubergizmo.

Akan tetapi para peneliti dari Max Planck Institute for Informatics menemukan sebuah cara yang cukup efektif untuk mengalahkan sistem seperti ini. Dalam penelitian yang mereka unggah di arXiv, metode yang ditawarkan pada dasarnya adalah memperdaya sistem pengenal wajah. Dengan demikian sistem itu tidak bisa mengenali orang di dalam foto. Tapi di saat bersamaan manusia tetap bisa mengenali sosok dalam foto.

Caranya adalah dengan “melukis” wajah atau kepala seseorang dalam foto. Hal ini akan memperdaya sistem pengenal wajah. Tapi hasil akhirnya tetap realistis dan cukup akurat sehingga manusia bisa mengenalinya. Saat ini cara paling populer untuk mengaburkan identitas seseorang adalah dengan mengaburkan wajah atau menambahkan mosaik pada foto dan video. Tapi cara ini dianggap tidak efektif melawan sistem terkini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge