0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Instagram Peringatkan Pengguna yang Unggah Foto yang Rusak Alam

Instagram. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Sekarang ini, memotret dan mengunggah foto di sosial media untuk mendokumentasi hidup kita sehari-hari, petualangan dan perjalanan wisata kita sudah menjadi norma. Akan tetapi, kadang-kadang kita kurang hati-hati dengan foto yang kita unggah. Apa yang kita anggap sebagai foto yang baik bisa bermakna berbeda untuk orang lain. Contohnya berfoto selfie selama sebuah pemakaman dan lain-lain.

National Geographic memberitakan jika Instagram sekarang akan memperingatkan pengguna jika mereka menemui foto atau video yang menunjukkan perilaku merusak terhadap binatang atau lingkungan. Contohnya saat orang pergi ke kebun binatang dan memeluk seekor sloth dalam sebuah foto. Hal ini terlihat seperti foto biasa, tapi bisa mendorong perilaku merusak. Seperti misalnya mengambil binatang dari habitat aslinya dan menaruhnya dalam kebun binatang sebagai daya tarik.

Ada sebuah masalah yang kerap dibicarakan di masa lalu. Misalnya pertunjukkan gajah dan menunggang gajah di Thailand. Beberapa orang mengatakan jika hal ini terlihat menyenangkan di permukaan. Tapi di balik layar ada penyiksaan terhadap gajah supaya mereka patuh. Ada juga kontroversi terkait kuil harimau di Thailand. Harimau-harimau yang ada terlihat jinak. Tapi ada dugaan jika mereka diberi obat dalam dosis tinggi supaya menjadi jinak.

“Kami peduli terhadap komunitas kami, termasuk binatang dan kehidupan liar yang menjadi sebuah bagian penting dari platform ini. Saya pikir hal ini penting bagi komunitas sekarang ini untuk menjadi lebih tahu. Kami mencoba melakukan bagian kami untuk mendidik mereka,” ujar juru bicara wanita Instagram Emily Cain.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge