0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korea Selatan Terapkan Hukum Kebiri Untuk Pelaku Perkosaan

Suntik kebiri. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.net—Percobaan perkosaan sekarang dihukum dengan kebiri kimia di Korea Selatan. Menurut pemberitaan Yonhap News, hukum untuk menghukum pelaku kejahatan seksual disahkan Jumat minggu lalu oleh the National Assembly. Hukum itu memperluas cakupan hukuman sebelumnya untuk menyertakan orang yang didakwa bersalah untuk percobaan perkosaan.

Kejahatan serangan seksual yang menyebabkan luka atau kematian pada korban di bawah umur juga bisa dihukum dengan kebiri. Hukuman ini menggunakan zat kimia yang disuntikkan atau tablet. Prosedur itu dimaksudkan untuk meniadakan dorongan seksual seseorang, fantasi kompulsif dan rangsangan. Dengan demikian, orang itu tidak bisa lagi melakukan tindakan menyimpang.

Akan tetapi efek ini bisa dibalik begitu orang tidak mengkonsumsi obat itu. Hukum mengharuskan pelaku kejahatan dihukum dengan kebiri ini hingga 15 tahun. Korea Selatan menjadi negara pertama di Asia yang menerapkan hukum pada 2011. Awalnya hukum itu diterapkan untuk pedofil dengan kejahatan berat terhadap anak di bawah umur. Hukum ini memperoleh kritikan yang besar untuk penerapannya. Hal ini karena pemerkosa yang dilepas setelah perawatan ini ternyata mengulangi lagi kejahatannya.

Para pelaku voyeurisme, merekam bagian tubuh orang dengan kamera tersembunyi belum masuk dalam hukum ini. Menurut Korea Herald, pemerintah sebelumnya sudah mengajukan rancangan tahun ini jika merekam orang lain secara rahasia juga bisa dihukum dengan kebiri kimia.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge