0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cium Bau Kentut Baik Untuk Kesehatan?

Bau kentut. (dok: timlo.net/ dailymail.co.uk)

Timlo.net—Bau kentut bermanfaat untuk kesehatan. Para peneliti mengungkap jika bau kentut bisa menolong melawan kanker, stroke, serangan jantung dan kepikunan. Kentut berbau tidak sedap karena mengandung gas hidrogen sulfida. Gas berbau tidak enak itu dihasilkan bakteri saat mencerna makanan dalam saluran pencernaan. Gas ini beracun jika dihirup dalam jumlah besar. Tapi dalam jumlah kecil, gas ini menolong melindungi sel dan melawan penyakit, ujar para ahli dari Exeter University, Inggris dilansir dari Daily Mail beberapa tahun lalu. Saat sel-sel ditekan oleh penyakit, mereka mencoba menghasilkan hidrogen sulfida dari beberapa enzim.

Zat kimia itu menolong menjaga mitokondria. Bagian sel yang mendorong produksi energi dalam sel pembuluh darah dan mengatur peradangan. Tanpa mitokondria sel bisa mati. Sekarang para peneliti menemukan sebuah senyawa baru disebut AP39. Senyawa ini berfungsi menolong tubuh menghasilkan hidrogen sulfida dalam jumlah yang cukup. Mereka percaya hal ini akan mencegah atau membalikkan kerusakan mitokondria. Hal ini menjadi strategi kunci untuk merawat stroke, gagal jantung, diabetes, arthritis, kepikunan dan penuaan.

Profesor Matt Whiteman dari University of Exeter’s medical school berkata, “Saat sel-sel ditekan penyakit, mereka memanfaatkan enzim untuk menghasilkan sejumlah hidrogen sulfida. Hal ini menolong mitokondria tetap bekerja dan mengizinkan sel-sel untuk hidup. Jika hal ini tidak terjadi, maka sel-sel mati dan kehilangan kemampuan untuk bertahan hidup dan mengendalikan peradangan.”

“Kami telah mengeksploitasi proses alami ini dengan membuat senyawa yang disebut AP39, yang pelan-pelan mengirim gas ini dalam jumlah kecil terutama ke mitokondria. Hasil penelitian kami mengindikasikan jika sel-sel yang dirawat dengan AP39, mitokondria terlindungi dan sel-sel tetap hidup,” tambahan.

Sebelum dites kepada manusia, para peneliti telah menjalankan tes untuk melihat seberapa efektif AP39 ini. Hasil awal menunjukkan jika senyawa ini menolong 80 persen mitokondria bertahan dalam kondisi yang sangat merusak seperti penyakit kardiovaskular,” terang Matt.

Peneliti lain Dr. Mark Wood menambahkan, “Walaupun hidrogen sulfida dikenal sebagai gas yang tajam, busuk yang ada dalam telur busuk dan kentut, gas itu secara alami dihasilkan tubuh dan bisa menjadi pahlawan untuk perawatan kesehatan dengan dampak yang signifikan untuk terapi di masa mendatang untuk berbagai penyakit.” Penelitian itu diterbitkan dalam jurnal “Medicinal Chemistry Communications”.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge