0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Ignasius Jonan

Ignasius Jonan (merdeka.com)

Timlo.net – Menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM), Ignasius Jonan, dijadwalkan menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jonan sedianya diperiksa sebagai saksi terkait penerimaan suap oleh Antonius Tonny Budiono, mantan Dirjen Hubla, atas pengerjaan serta perizinan di lingkungan Ditjen Hubla Tahun Anggaran 2016-2017.

Kepala bagian informasi dan publikasi KPK, Priharsa Nugraha membenarkan pihaknya memanggil Jonan hari ini. Namun dia belum memastikan kehadiran mantan Menhub yang kini menjabat sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Benar (dipanggil untuk menjadi saksi). Belum saya pastikan kehadirannya,” ujar Priharsa, Senin (4/12).

Dia mengatakan, kepentingan KPK memanggil Jonan guna mendalami segala perizinan ataupun pengadaan yang ada di lingkungan Ditjen Perhubungan. Namun dia tidak menjelaskan detil lebih lanjut mengenai posisi Jonan terkait kasus Antonius Tonny Budiono.

Sebelumnya, Tonny terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK karena diduga menerima suap dari Komisaris PT Adhi Guna Keruktama, Adiputra Kurniawan. Suap ini diduga terkait proyek pengerjaan pengerukan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Keduanya terkena OTT pada Rabu (23/8).

Total uang yang disebut KPK sebagai suap sebesar Rp 20,47 miliar. Uang tersebut disita KPK dari 33 tas yang berisi uang tunai Rp 18,9 miliar. Sisa duit lainnya, yakni Rp 1,174 miliar, berada dalam ATM yang disiapkan untuk membayar setoran kepada Tonny.

Akibat perbuatannya, Adiputra disangka melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU Tipikor. Sedangkan Tonny disangka melanggar Pasal 12 huruf a dan b atau Pasal 11 dan Pasal 12B UU Tipikor.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge