0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terdampak Limbah Pabrik, Siswa dan Guru Pakai Masker

Siswa SDN Plesan I memakai masker saat belajar di kelas (dok.timlo.net/ist)

Sukoharjo — Para siswa dan guru SDN Plesan I, Sukoharjo terpaksa harus mengikuti kegiatan belajar mengajar  dengan mengenakan masker. Kondisi ini disebabkan adanya sangat menyengat  yang diduga berasal dari PT RUM, tidak jauh dari lokasi sekolah usai digelar Upacara Bendera pagi ini, Senin (4/12).

“Kalau baunya sudah sejak satu bulan yang lalu di kampung dan sekolah juga, namun pagi ini baunya sangat menyengat yang mengakibatkan para siswa merasa tidak nyaman. Terpaksa kami membeli masker untuk mengurangi bau busuk menyengat ini,” kata salah satu guru SDN Plesan I, Sugeng, Senin (4/12).

Baunya dari PT RUM yang tidak jauh dari lokasi sekolah dan semakin kuat pada pukul 07.00 –  09.30 WIB. Karena ada beberapa siswa yang mengeluh pusing, pihak sekolah langsung membeli masker untuk mengurangi bau dan kegiatan belajar mengajar bisa dilanjutkan.

Bau menyengat mirip bau busuk tersebut biasa dirasakan masyarakat sekitar lokasi pabrik rayon tersebut pada pagi dan sore hari. Pasalnya, saat itu angin bergerak lebih kencang, dan bau bergerak mengikuti angin.

“Kami sering mencium bau menyengat setiap pagi dan sore, karena biasanya angin bergerak lebih kencang saat tersebut. Dan bau dari gas limbah PT RUM tersebut bergerak mengikuti angin, bahkan saya dengar sampai di Mulur dan Kelurahan Gayam juga, padahal jaraknya sudah cukup jauh,” tandas salah satu warga, Marni.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge