0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Taruna Akmil Digembleng di Wonogiri, Ini Alasannya

Upacara Praja Bakti Akmil di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Kondisi geografis Wonogiri diklaim cocok untuk menggembleng diri pribadi para taruna dan taruni Akmil Magelang. Wonogiri pun secara khusus disebut memiliki nilai historis dalam berdirinya Tentara Nasional Indonesia( TNI).

“Wonogiri ini kan termasuk rute perang gerilya Panglima Besar Sudirman,dan secara alasan khusus kita dalam menerjunkan siswa Akmil ini adalah karena adanya sejarah yang berkaitan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesi( TNI),” beber Wakil Gubernur Akmil Magelang Brigadir Jendral TNI Wirana Prasetya Budi saat konfirmasi awak media, Senin (4/12).

Menurutnya, Wonogiri menyimpan sejarah keganasan G30/SPKI di masanya. Di Wonogiri berdiri tiga monumen berdarah tersebut.

“Di era tahun 1945-1957¬†atau dalam perang melawan penjajah Belanda dan penumpasan G30/SPKI ada keterlibatan taruna,terkhususnya di Wonogiri,dimana ada dua taruna yang meninggal dunia dalam pertempuran itu,” kata mantan Wakil Asisten Personel Angkatan Darat ini.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Akmil menyatakan, kegiatan praja bakti taruna taruni ini merupakan titik awal sebagai pembelajaran para siswanya,dimana akan kondisi geografis Wonogiri yang sangat mendukung. Sekaligus mengenal akan sejarah.

“Praja bakti ini sebagai titik awal bekal mereka nanti setelah lulus menjadi perwira. Dimana mereka bisa tahu bagaiamana tugas fungsi pokok TNI dan juga bisa belajar tentang berbaur dan berkomunikasi dengan masyarakat,ya biar nanti kalau menjadi perwira bisa memberikan pengarahan kepada anak buahnya,” jelasnya.

Ditambahkan, latihan praja bhakti tahun pertama ini diikuti 521 Taruna/Taruni terdiri dari Batalyon Taruna Dewasa/ Taruna Tk II berjumlah 250 Taruna (230 Taruna dan 20 Taruni) dan Batalyon Taruna Madya / Taruna Tk III berjumlah 271 Taruna (256 Taruna dan 15 Taruna.Waktu pelaksaannnya selama satu minggu (4-9/12) di dua Kecamatan yakni Kecamatan Eromoko dan Pracimantoro.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengapresiasi kegiatan praja bakti taruna taruni Akmil di Wonogiri. Pihaknya mengaku, kedatangan siswa Akmil sebagai kehormatan yang sangat luar biasa

“Kegiatan ini akan mengedakasi masyarakat kami, memberikan nilai-nilai pembelajaran akan rasa nasionalisme yang saat ini mulai tergerus oleh semangat individual. Seribu persen kami dan masyarakat Wonogiri mendukung kegiatan ini. Saya yakin kalau kegiatan ini akan membawa energi positif,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge