0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pil PCC Mengincar Anak-Anak, Ini Bahayanya

Pil PCC siap edar yang berhasil disita petugas (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pabrik Pil Paracetamol, Cafein, dan Carisoprodol (PCC) yang berhasil dibongkar Badan Narkotika Nasional (BNN) di Kota Solo diberi merk Zenith P. Peredaran golongan obat keras itu sudah dilarang oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) untuk diedarkan di pasaran.

“Pil PCC ini golongan obat keras. Peredarannya sudah disetop oleh Badan POM lantaran banyak disalahgunakan,” terang Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso, di Solo, Senin (4/12) siang.

Jika dikonsumsi, kata Buwas –sapaan akrab Komjen Pol Budi Waseso– akan menimbulkan halusinasi hebat bagi para penggunanya. Apalagi, pengguna merupakan usia SD dan SMP. Tentu saja, hal tersebut dapat merusak jaringan sistem kerja syaraf jika digunakan terus menerus. Terlebih, harga yang ditawarkan oleh Pil PCC sangatlah terjangkau.

“Sasaran peredaran Pil PCC ini adalah anak-anak karena harganya yang dapat terjangkau,” kata Buwas.

Pihaknya mengendus, para pelaku sengaja mengedarkan obat terlarang itu ke kalangan anak-anak lantaran mereka ‘dipersiapkan’ sebagai pemadat saat mereka dewasa nanti. Dengan begitu, mereka akan menjadi ‘mesin uang’ untuk terus mengonsumsi obat-obatan terlarang atau narkoba.

“Awalnya memang ini (Pil PCC) dulu, setelah itu baru Narkoba,” ungkap Buwas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge