0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Kopi Peaberry Termahal di Dunia

Kopi El Injerto Peaberry Guatemala. (dok: timlo.net/ Stumptowncoffee.com )

Timlo.net—Di dunia ini ada beragam kopi yang berharga sangat mahal. Salah satunya adalah El Injerto Peaberry dari Guatemala. Harganya untuk setiap 454 gram bisa mencapai Rp 800 ribu. Hal ini berarti harga biji kopi ini per 100 gram bisa mencapai Rp 174.000. Padahal harga kopi peaberry biasa per 100 gram hanya sekitar Rp 40.000. Kopi El Injerto berbeda dengan biji kopi biasa karena berupa kopi peaberry.

Biji peaberry atau di Indonesia dinamai kopi lanang adalah biji kopi yang mengalami mutasi alami dalam buah kopi. Biasanya satu buah kopi memiliki dua keping biji. Dua keping biji itu akan menyatu dengan bentuk mirip dengan separuh biji kacang tanah. Tapi biji peaberry adalah biji kopi tunggal. Bentuknya terlihat lebih kecil, lebih padat. Hanya ada 5 persen biji peaberry dari seluruh produksi kopi di dunia, tulis seriouseats.com.

Para penggemar biji kopi ini menyatakan jika kopi peaberry terasa lebih manis dan lebih berasa dibandingkan biji kopi biasa. Tapi beberapa penggemar kopi lainnya menyatakan jika tidak ada perbedaan rasa yang mencolok di antara keduanya. Selain itu, beberapa pihak mengaku jika kopi lanang memiliki manfaat kesehatan berupa meningkatkan daya vitalitas laki-laki.

Lantas bagaimana dengan kopi El Injerto Peaberry ini? Menurut homegrounds.co, El Injerto Peaberry diproses secara manual. Biji peaberry dipisah dari biji kopi biasa dengan tangan sebelum dipanggang. Kopi El Injerto menjadi salah satu kopi yang paling diinginkan. Setelah kopi ini diseduh, Anda bisa mencium bau bunga yang lembut. Dan bila diminum, akan terasa rasa buah jeruk yang kuat. Tekstur minuman kopi El Injerto Peaberry milik dengan minuman anggur setelah dingin.

Sementara gocoffego.com menyatakan kopi El Injerto dari dari wilayah Huehuetenango, Guetamala memiliki rasa yang berbeda. Kualitas kontrol untuk kopi itu dikatakan sangat bagus sehingga menjadi pemenang tahunan “Cup of Excellence” di Guatemala. Bila diminum, Anda bisa merasakan rasa buah apel hijau dengan rasa karamel yang creamy.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge