0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kawah Gunung Agung Penuh Lava, 10 Hari Lagi Bakal Meluber

Gunung Agung erupsi Minggu pagi (istimewa)

Timlo.net — Hanya dalam hitungan jari untuk beberapa hari ke depan diperkirakan lava pada ruang kawah gunung Agung bakal tumpah keluar permukaan. Perhitungan itu mengingat saat ini 50 persen kawah Gunung Agung yang memiliki kedalaman 200 meter itu sudah terisi dengan lava.

Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika mengatakan, saat ini sering terjadi gempa-gempa overscale. Menurut dia, hal ini menandakan semakin kuat tekanan dari magma muncul ke permukaan gunung.

“Mengingat dengan kondisi saat ini maka paling tidak kurun waktu dalam 10 hari lavanya akan penuh dan meluber,” kata Gede Suantika, di Karangasem, Bali, Minggu (3/12).

Dia menjelaskan, jika lavanya meluber dari kawah diperkirakan akan mengarah ke utara. Menurut dia, dari hasil pemantauan satelit dalam kawah tersebut terisi sekitar 20 juta meter per kubik lava.

“Apabila terisi penuh lava yang ada di kawah tersebut sekitar 60 juta meter kubik,” kata dia.

Sampai saat ini status Gunung Agung masih awas. Dan pihak PVBMG masih merekomendasikan kepada masyarakat agar menjauhi radius 8 hingga 10 kilometer dari puncak Gunung Agung.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge