0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar Pranowo Wacanakan Relokasi Korban Longsor

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menyambangi korban longsor di Kecamatan Tirtomoyo (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyempatkan diri mengunjungi warga terdampak longsor di Kecamatan Tirtomoyo, Minggu (3/12). Selain memberikan sejumlah bantuan, orang nomor satu di Jateng ini menyebut soal relokasi terhadap korban tanah longsor.

“Kita akan cek dulu dari badan geologi, apa yang terjadi dengan kondisi geologis di sana kalau memang berbahaya ya harus relokasi,” papar Gubernur Ganjar Pranowo kepada awak media saat menyambangi korban tanah longsor di Balai Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo.

Terkait relokasi korban tanah longsor di Tirtomoyo, menurut Ganjar, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, sejumlah prosedur harus dijalani. Semisal serangkaian kajian geologis. Namun demikian, kesiapan dan kemauan  masyarakat terdampak menjadi faktor utama adanya relokasi.

“Karena teori relokasi tidak semudah yang kita mau. Harus ada sambutan dari masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Kabul (45) warga Dusun Bengle Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo mengaku masih pikir-pikir ketika pemerintah mewacanakan relokasi bagi terdampak longsor.

“Belum tahu mas, tapi kalau melihat kondisi dusun kami saat ini memang ada rasa ketakutan. Apalagi di kanan kiri saya itu rumah warga longsor semua. Sekitar 300 meter persis di atas rumah, sekitar bukit  dan lahan pertanian yang kemarin longsor. Sebenarnya miris juga tapi kami belum berpikir sampai sejauh itu,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge