0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa Prodi Administrasi Negara Kunjungi Pemkab Klaten

Suasana saat kunjungan mahasiswa Unisri di Pemerintah Kabupaten Klaten (foto: Tyo Eka)

Solo – Mahasiswa program studi (prodi) Administrasi Negara Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo melakukan kunjungan studi ke Pemkab Klaten. Kunjungan itu merupakan rangkaian pelaksanaan perkuliahan mata kuliah manajemen pelayanan publik dan mata kuliah isu kebijakan otonomi daerah.

“Studi lapangan ini mewadahi para mahasiswa dalam mengasah keterampilan menerapkan tools dan teori yang didapat dari perkuliahan,” jelas Dr Suwardi MSi, salah seorang dosen Unisri yang mendamping kunjungan, di kampus Unisri, Solo, Sabtu (2/12).

Menurut Suwardi, studi lapangan ke Klaten tentang survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang dihubungkan dengan implementasi kebijakan desentralisasi. Sebagaimana dipahami bersama, era otonomi daerah telah menempatkan pemerintah daerah sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan. Harapan besarnya agar pelayanan menjadi lebih dekat dengan masyarakat.

“Pemerintah daerah kabupaten/kota dianggap sebagai entitas negara yang berinteraksi langsung dengan rakyat,” ujarnya.

Suwardi mengatakan, kebijakan pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 38 Tahun 2012 menempatkan IKM sebagai salah satu komponen mengukur kinerja unit pelayanan publik dengan skor maksimal 25.

Terlepas dari kewajiban, kata Suwardi, pengukuran IKM merupakan bagian penting dari siklus proses pelayanan. Melalui pengukuran IKM yang baik lembaga pelayanan memperoleh feedback atas respon pelanggan. Berbagai pembenahan dapat dilakukan sehingga pelayanan sesuai harapan masyarakat.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge