0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ichwanurrafi Raih Emas Olimpiade Sains Nasional

Muchammad Ichwanurrafi (foto: Tyo Eka)

Solo – Muchammad Ichwanurrafi, siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta baru-baru ini berhasil meraih medali emas dalam lomba olimpiade IPA/Sains kategori SMP/Mts tingkat nasional dalam ajang OlimpicAD (Olimpiade Ahmad Dahlan) V Lampung 2017.

“Prestasi itu memang tidaklah mudah saya peroleh,” ungkap Raffi, remaja kelahiran Surakarta, 2 Agustus 2004 saat ditemui wartawan, di sekolahnya, Sabtu (2/12).

Sebelumnya, dirinya harus menaklukkan berbagai even perlombaan bidang IPA/Sains. Seperti juara 2 Olimpiade Sains/IPA Olimpicad Pentasbora tingkat provinsi di Semarang tahun 2017.

Pernah pula, ia memperoleh juara 1 Olimpiade Sains Topaz tingkat nasional di Malang tahun 2017. Pada tahun 2016, Raffi pernah menjadi juara 3 Try out UKK di Manahan.

Ia mengaku senang menekuni dunia IPA/Sains. Motivasi senang terhadap pelajaran IPA, menurut Raffi, karena bisa mengetahui hal-hal yang tidak biasa orang lain tahu seperti mempelajari organ dalam manusia, klasifikasi hewan, rumus-rumus fisika, dan masih banyak yang lain.

“IPA itu seru karena bisa tahu hal yang tidak biasa orang lain tahu,” ujarnya.

Di sekolah, Raffi mengaku lebih sering menghabiskan waktu untuk praktik di laboratorium IPA sekolah bersama guru pembimbingnya. Seperti melakukan praktik bedah kodok untuk belajar organ dalam hewan.

Praktik respirasi (pernapasan) dengan menggunakan jangkrik yang dimasukkan ke respirometer lalu diukur laju pernapasannya. Praktik uji makanan untuk mengetahui kandungan protein, karbohidrat, bahkan glukosanya.

Di rumah pun ia selalu menghabiskan waktu membaca buku IPA. Ia mengaku memiliki banyak koleksi buku IPA di rumah seperti seri koleksi Olimpiade Sains karya Yohanes Surya, buku Maestro Olympiade, dan sebagainya. Biasanya ia membaca buku selepas menjalankan ibadah salat Maghrib.

Kini putra dari pasangan Abdul Rachim, pengelola klinik 24 jam Cahaya Sehat dan Nurul Afny Erlina aktif mengikuti pembinaan lomba yang dilakukan sekolah setiap Jumat sore. Ia pun mempersiapkan diri untuk sukses dalam segala ajang perlombaan IPA/Sains untuk membanggakan orang tua dan sekolah. Kata-kata Sang Ibu juga selalu dikenangnya.

“Semangat belajar dan jangan malas-malas,” ungkapnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge