0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penelitian Ungkap Kecanduan Smartphone Sebabkan Ketidakseimbangan Otak

Kecanduan smartphone. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Sebuah penelitian terbaru menemukan jika kecanduan smartphone tidak hanya menimbulkan dampak sosial. Tapi juga merusak otak kita dengan menciptakan ketidakseimbangan, tulis Ubergizmo.  Penelitian dipresentasikan, Jumat (1/12) dalam pertemuan tahunan the Radiological Society of North America. Penelitian itu memakai magnetic resonance spectroscopy untuk melihat otak para remaja yang kecanduan ponsel mereka dan internet. Penelitian itu melibatkan 19 subyek dengan usia rata-rata 15,9 tahun. Mereka didiagnosa dengan kecanduan smartphone atau internet. Ada juga kelompok tambahan terdiri dari 19 remaja yang sehat.

Berdasarkan penelitian mereka, Dr. Hyung Suk Seo yang adalah profesor neuroradilogi di Korea University di Seoul, Korea Selatan menemukan jika para remaja yang kecanduan memiliki skor depresi, kegelisahan, insomnia dan impulsivitas yang lebih tinggi. Tes MRS juga mengungkap jika dibandingkan kelompok yang sehat, remaja yang kecanduan memiliki rasio gamma aminobutyric acid (GABA), glutamate-glutamine dalam anterior cingulate cortex mereka yang lebih tinggi.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami dampak dari penelitian ini. Tapi Dr. Seo percaya jika peningkatan level GABA bisa berhubungan dengan hilangnya integrasi dan regulasi pemrosesan jaringan saraf kognitif dan emosional secara fungsional.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge