0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Razia Parkir, 7 Mobil Digembok, Dua Jukir Diamankan

Petugas Dishub Solo menggembok roda mobil yang melanggar aturan parkir (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Rendahnya kesadaran masyarakat dalam menaati aturan parkir, membuat Dinas Perhubungan Kota Solo bergerak cepat, dengan menggelar operasi gembok parkir. Operasi ini tak hanya menyasar pengguna ruang parkir, melainkan juga menjaring juru parkir (Jukir) nakal yang kerap melanggar aturan parkir.

“Operasi hari ini merupakan operasi rutin yang kita adakan. Operasi ini merupakan operasi gabungan, dari Dishub, Satpol PP, dan Satlantas Polresta Solo,” ungkap Kasi Pengendalian Operasi, dan Pengawasan Dishub Solo, Agus Purnomo, Sabtu (2/12).

Benar saja, dalam operasi yang digelar di ruas Jl Adi Sucipto, Jl A Yani, Jl Slamet Riyadi, dan kawasan Monumen Banjarsari, sedikitnya ada tujuh mobil yang terjaring operasi. Selain itu petugas juga mengamankan dua orang jukir yang kedapatan tanpa menggunakan seragam dan tak memiliki Kartu Tanda Anggota Jukir.

Ketujuh mobil tersebut langsung digembok oleh petugas yang berwenang. Sedangkan, dua orang jukir yang terjaring dibawa ke Kantor Dishub untuk didata dan ditatar.

“Untuk kendaraan yang digembok, kita tempeli surat tanda peringatan untuk bisa menghubungi Dishub jika ingin membuka gembok. Sedangkan jukir yang tertangkap kita lakukan pembinaan dan kita minta untuk membuat surat pernyataan bermaterai yang isinya tidak mengulangi perbuatannya,” kata dia.

Khusus bagi Jukir nakal, ada peringatan tertulis sebanyak tiga kali. Pelanggaran pertama dan kedua jukir hanya dikenai sanksi berupa pengawasan, sedangkan untuk pelanggaran ketiga, KTA milik jukir bakal dicabut, dan pengelola parkir diminta untuk mengganti jukir yabg bersangkutan.

Diungkapkan, di Kota Bengawan terdapat 2700 Jukir dengan 300 pengelola lahan parkir.

“Untuk operasi selalu kita tingkatkan, namun kesadaran masyarakatlah seharusnya yang dibangun, sehingga disiplin memarkirkan kendaraan,” tegas Agus.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge