0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI AU Selidiki Kabar Hercules Selundupkan Miras dari Merauke

Pengiriman bantuan untuk pengungsi Rohingya. (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Pesawat Hercules C-130 diduga selundupkan minuman keras (Miras) dalam penerbangan dari Merauke ke Wamena. Sebanyak 797 minuman jenis Vodka dimasukkan dalam kemasan ember cat.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Angkatan Udara (AU), Marsekal Pertama TNI AU Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han) mengatakan, akan menindak tegas jika terbukti adanya keterlibatan oknum TNI AU.

“Saat ini POM TNI AU Merauke sedang melaksanakan penyelidikan. Apabila hasil penyelidikan terbukti ada keterlibatan oknum TNI AU, maka akan dilaksanakan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dalam lingkungan TNI,” kata Jemi Trisonjaya dalam keterangan pers yang diterima merdeka.com, Sabtu (2/12).

Jemi menjelaskan keberadaan pesawat C-130 Hercules TNI AU identik dengan civic mission. Perannya tidak lepas dari tugas-tugas kemanusiaan, termasuk mendukung angkutan logistik dan personel di daerah pedalaman, khususnya di Papua.

Menurutnya, kabar menyebut ada miras di dalam pesawat Hercules penerbangan dari Merauke ke Wamena, tentunya sangat merugikan nama baik TNI AU.

“Kasau sudah menekankan dan menegaskan ke seluruh Pangkotamaops dan Danlanud jajaran untuk tidak main-main dengan angkutan udara. Karena apabila diketahui ada yang bermain, maka konsekuensi personel tersebut akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku,” terangnya.

Saat ini pesawat C-130 Hercules tetap fokus untuk mendukung kebutuhan angkutan bantuan logistik Pemda Papua dan masyarakat pedalaman di Papua sesuai surat permohonan Pemda Papua untuk dukungan angkutan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Pesawat Hercules C-130 terbang dari Merauke ke Wamena pada Rabu (29/11) dengan membawa sembako, semen, minuman kemasan dan cat. Setelah digeledah, dalam 32 ember cat berisi 797 botol Miras. Polisi menahan AS (38) diduga sebagai pemilik Miras. [lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge