0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Hujan Disertai Angin Kencang Ancam Wilayah Banten Hingga Bali

Ilustrasi badai dan angin kencang (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Masyarakat di wilayah Banten hingga Bali diminta waspada terhadap potensi hujan yang disertai dengan angin kencang selama beberapa hari ke depan. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, potensi hujan deras disertai angin tersebut merupakan dampak dari Siklon Tropis Dahlia yang berada di Samudera Hindia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, Siklon Tropis Dahlia berada di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah, sekitar 10.2LS, 109.6BT (sekitar 290 km sebelah selatan barat daya Cilacap). Kecepatan angin maksimum 50 knot, bergerak ke timur tenggara menjauhi Indonesia.

“Siklon Tropis Dahlia memberikan dampak berbagai macam di sejumlah wilayah. Dia menyebabkan, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Kemudian, hujan tersebut bisa disertai angin kencang dengan kekuatan lebih dari 20 knot di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat dan selatan,” urai Dwikorita, di Stasiun Klimatologi BMKG DIY, Jumat (1/12) malam.

Dwikorita memperkirakan, dampak Siklon Tropis Dahlia akan menyebabkan gelombang laut di berbagai daerah mengalami kenaikan ketinggian. Di perairan barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu, laut Jawa bagian tengah, dan perairan utara Jawa Tengah, gelombang bisa mencapai 2,5 hingga 4 meter.

“Sedangkan gelombang dengan ketinggian 4 hingga 6 meter di perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, serta gelombang dengan ketinggian 6 hingga 7 meter di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur,” tutur mantan Rektor UGM ini.

Dwikorita juga memperkirakan hujan lebat dan gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di perairan selat Bali, selat Lombok, selat Alas bagian selatan, dan perairan Jawa Timur hingga Lombok dengan ketinggian gelombang 2,5 hingga 4 meter.

“Perkiraan itu menjadi peringatan bagi masyarakat. Sehingga perlu diwaspadai bagi mereka yang hendak melaut atau melakukan pelayaran di saat cuaca tesebut terjadi,” katanya mengimbau. [lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge