0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dugaan Penipuan Sekaten, Pemkot Siap Beri Keterangan

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (foto: Heru Murdhani)

Solo – Pemkot Solo siap untuk memberikan keterangan terkait pemeriksaan dugaan penipuan terhadap pedagang Maleman Sekaten yang dilakukan oleh panitia penyelenggara. Secara tegas Walikota Solo menyatakan kesiapannya dalam memberikan keterangan, jika memang hal ini diperlukan bagi proses penyelidikan.

“Ya siap saja memberikan keterangan, sebatas yang berhubungan dengan Pemerintah Kota Solo,” terang Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Jumat (1/12).

Dirinya juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan panitia Maleman Sekaten adalah sebuah pungutan liar.

“Lha kalau sudah disewakan ke pemkot kemudian disewakan lagi ini kan pungutan liar,” urainya.

Pria yang akrab disapa Rudy tersebut juga mengatakan dirinya telah memerintahkan kepada Kepala Dinas Perdagangan untuk mengizinkan pedagang berdagang di sisi sebelah timur Alun-alun utara (Alut). Sebab, di sisi sebelah barat Alut digunakan sebagai parkir mobil bagi pengunjung pasar darurat Klewer timur. Kendati begitu masih ada pedagang yang ngeyel mendirikan wahana di sisi sebelah barat Alut, yang menyebabkan pemkot bertindak tegas dengan mengusir para pedagang.

“Ya biarkan ini jadi pelajaran bagi beliau-beliau yang menarik pungutan itu. Jangalah seperti itu, karena sekarang juga sudah ada namanya tim saber pungli,” kata Rudy.

Polemik terkait Maleman Sekaten sendiri mencuat saat pedagang melaporkan dua orang tersebut ke Polsek Pasar Kliwon yang kemudian dilimpahkan ke Polresta Solo. Keduanya dilaporkan atas tuduhan penipuan dan penggelapan. Pasalnya pedagang telah membayarkan sejumlah uang guna membuka lapak di acara Maleman Sekaten yang dilaksanakan di Alun-alun utara (Alut) Solo.

Namun, dalam pelaksanaannya pedagang tidak bisa berjualan disana, lantaran tidak mendapatkan izin dari Pemkot Solo. Sebab lahan Alut telah disewa oleh Pemkot dalam jangka waktu satu tahun dengan harga Rp 2,5 Miliar.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge