0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Imbauan Eksportir untuk Mengurus Certificate of Origin

Solo – Para pelaku eksportir dihimbau untuk mengurus Surat Keterangan Asal (SKA) sebelum mengirim barang ke negara tujuan ekspor. Pasalnya, dengan adanya SKA tersebut tidak hanya dapat memudahkan para eksportir dalam mengirim barang, tapi juga dapat meringankan bea masuk ke negara yang bersangkutan.

“SKA atau CCO (certificate of origin) itu penting sebagai dokumen penyerta ekspor. Karena dengan dilengkapinya dokumen itu dapat digunakan untuk menyatakan asal dari barang ekspor tersebut dari negara mana, serta untuk memenuhi ketentuan asal barang atau RRO (rules of origin),” ujar Kepala Dinas Perdagangan kota Solo, Subagyo kepada wartawan, Jumat (1/12).

Tidak hanya itu, menurutnya dengan adanya SKA juga bermanfaat untuk mendapatkan keringanan atau pembebasan bea masuk di negara mitra tujuan ekspor. Seperti di Amerika,Eropa, Asia dan yang lain.

“Jadi dengan adanya dokumen SKA ini dapat mereduksi bea masuk. Bahkan dibeberapa Negara yang sudah menandatangai kerjasama dengan Indonesia, para pelaku eksportir yang sudah mengantongin SKA ini bisa tidak kena biaya sama sekali,” kata dia.

Sementara itu untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelaku usaha itu, Subagyo menyampaikan pengurusan SKA bisa dilakukan secara elektronik. Sehingga mereka tidak perlu mengantri di kantor, karena kapan saja dan dimana saja bisa diakses secara online.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge