0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jalur Pendakian Lawu Dibuka Kembali

Gunung Lawu (ilustrasi) (dok.timlo.net/redaksi)

Karanganyar – Setelah ditutup mulai Selasa (28/11) lalu, jalur pendakian Gunung Lawu kembali dibuka, Jumat (1/12). Pertimbangannya, cuaca mulai bersahabat.

“Baru dibuka lagi hari ini (Jumat). Tetapi harus waspada juga karena cuaca sering berubah,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Titis Sri Jawoto kepada Timlo.net.

Sedangkan Ketua Komunitas Sukarelawan Anak Gunung Lawu (AGL), Rusdiyanto mengatakan dirinya terpaksa meminta pendaki berkemah di posko Cemoro Kandang, Tawangmangu selama pos pendakian ditutup beberapa hari terakhir. Hujan deras yang memicu longsor di jalur pendakian bisa berakibat fatal bagi pendaki.

“Posko Cemoro Kandang kemarin masih ditutup. Tentunya, penjagaan lebih ketat untuk menghalau pendaki nekat naik,” katanya.

Sekretaris Relawan Candi Cetho (Reco), Dewangga Kris Winarno mengatakan cuaca buruk sering menumbangkan pohon akibat angin kencang di jalur pendakian dari wilayah Jenawi ini. Pada Jumat sore, angin juga berembus kencang di sana.

“Tidak ada pendaki yang masih bertahan di atas. Sudah disisir di jalur ini pada saat penutupannya. Penutupan maupun pembukaan jalur pendakian sesuai instruksi pengelola dari Perhutani dan Pemda Karanganyar,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge