0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Unik dan Ngeri, Sepakbola Durian Ala Santri Ini

Sepak Bola Durian (merdeka.com)

Timlo.net — Kalangan santri di Kabupaten Kebumen punya cara tersendiri memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H. Mereka merayakan hari kelahiran nabi dengan bermain sepak bola dengan buah durian.

Gelaran unik itu digelar di depan halaman Masjid Baitul Hasan Ponpes Alhasani Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Kamis (30/11) sore. Tak ayal, gelaran ini mencuri perhatian warga sekitar. Warga berbondong-bondong datang, riuh tertawa menonton pertandingan tersebut.

Durian digiring dan dioper para pemain dengan kaki telanjang. Empat tim masing-masing 7 orang, ikut bertanding yakni dari Pagar Nusa, Banser, Polres Kebumen dan TNI. Sebelum pertandingan dimulai para pemain dibacakan doa-doa oleh pengasuh Ponpes.

Pengasuh ponpes Alhasani, Gus Fahrudin Achmad Nawawi (29) mengatakan kegiatan unik tersebut memang khusus untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H. Ia mengatakan sepak bola memang dekat dengan santri dan yang paling ekstrim selama ini di ponpes-ponpes yakni bola api. Kali ini, pihak ponpes ingin hal berbeda dengan memainkan bola buah durian.

Namun yang lebih utama dari pertandingan ini, Gus Fahrudin mengungkapkan untuk menjaga kekompakan antara Polri, TNI, Banser dan Pagar Nusa. Lewat sepakbola yang merakyat bisa jadi ruang konsolidasi menciptakan situasi kondusif di NKRI sebagai generasi penerus bangsa.

“Selama pertandingan berlangsung, kami juga menyuguhkan beberapa pertunjukan seni bela dari Pagar Nusa kepada para penonton,” kata Gus Fahrudin, Kamis (30/11) sore.

Kasat Sabhara Polres Kebumen, AKP Krida Risanto mengatakan, ikutnya Polres Kebumen dalam pertandingan ini agar semakin dekat dengan warga masyarakat.

“Selain untuk menghibur masyarakat, kita ikut pertandingan ini agar kita semakin dekat dengan warga. Sebagai sinergitas juga dengan TNI. Kebetulan TNI juga ikut dalam pertandingan itu,” ucap AKP Krida yang saat itu didampingi IPTU Tejo Suwono.

Dalam pertandingan itu, empat tim memperebutkan piala bergilir Ponpes Alhasani. Polres Kebumen berhasil meraih juara pertama. Juara ke dua disusul tim dari Banser Kebumen.

[did]

Sumber : merdeka.com

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge