0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mobil Tesla Model S Diubah Jadi Alat Tambang Cyrptocurrency

Tesla Model S diubah jadi alat tambang cryptocurrency. (dok: timlo.net/ ubergizmo.)

Timlo.net—Menambang crytocurrency memerlukan banyak energi listrik karena hardware yang digunakan untuk menambang butuh listrik besar. Hal ini berarti mereka yang ingin menambang cryptocurrency harus memikirkan tagihan listrik mereka. Juga apakah menambang mata uang virtual itu sepadan dengan biaya dan tenaganya.

Akan tetapi, salah seorang penambang menemukan cara untuk menambang yang ramah lingkungan. Dia memodifikasi mobil Tesla Model S miliknya menjadi alat tambang. Dia membagi sebuah foto di Facebook dalam grup Tesla Owners Worldwide. Bukannya mobil Tesla butuh listrik? Tentu butuh, tapi hal ini bisa diakali karena pemilik mobil bisa menggunakan jaringan Supercharger Tesla secara gratis. Jadi biaya yang dikeluarkan adalah biaya modifikasi saja jika yang bersangkutan sudah punya mobil listrik itu.

Tapi Ubergizmo menekankan jika ada masalah etika dan teknis dengan cara ini. Secara teknis, penggunaan listrik yang terus menerus berarti penggunaan baterai mobil yang tinggi. Pada akhirnya baterai akan aus lebih cepat dibandingkan penggunaan normal.

Ada juga masalah etis karena Superchargers tidak didesain untuk tujuan itu. Beberapa pihak mungkin mempermasalahkan jika Superchargers digunakan untuk tujuan selain mengemudi. Akan tetapi secara konsep, cara ini cukup cerdas.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge