0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pohon Keramat Tumbang, Timpa Warung dan Rumah

Pohon beringin kramat tumbang (merdeka.com)

Timlo.net — Pohon beringin keramat di lokasi wisata pemandian sumber tiri, di Dusun Panjer, Desa Tunggal Pager Kecamatan Pungging, Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (30/11) sore kembali tumbang. Diduga robohnya pohon beringin tua ini, karena tak kuat menahan hujan deras disertai angin kencang. Akibatnya 2 rumah dan 2 bangunan warung tertimpa batang pohon hingga rusak parah.

Dua rumah warga yang tertimpa pohon beringin yakni milik Lilik (40) dan Sunah (35) warga setempat. Sedangkan 2 warung yang tertimpa batang dan akar pohon milik Lilik dan Ida (37) juga warga setempat.

Rumah milik Lilikrusak dibagian depan. Ataprumah dan sebagian genting hancur tertimpa pohon. Sementara rumah milik Sunah juga dibagian teras. Sedangkan dua warung hancur nyaris rata dengan tanah akibat tertimpa batang bohon dan akar yang cukup besar.

Menurut Kadarisman (38), warga setempat, pohon beringin tua di sisi timur kolam pemandian sumber tiri roboh sekitar pukul 15.30 WIB, setelah hujan lebat disertai angin kencang di kawasan Mojosari. Untungnya, di lokasi wisata ini sedang sepi pengunjung, dan warung di lokasi pemandian juga semuanya sudah tutup.

“Tiba tiba pohon beringin berukuran besar tumbang. Untung pas angin kencang datang, semua orang yang berteduh di warung lari, sehingga tidak ada korban jiwa,” kata Kadarisman, Kamis (30/11)

Pembersihan batang pohon yang roboh dilakukan puluhan warga, Sukarelawan PMI Kabupaten Mojokerto, BPBD, Polisi dan TNI dengan menggunakan gergaji mesin. Hingga malam pembersian batang dan ranting pohon belum selesai. Akibat peristiwa ini keriguan yang dialami warga diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Korban jiwa, nihil. Untuk kerugian, diperkirakan mencapai puluhan juta, ini jumlah total. Karena di dalam warung juga ada dagangannya. Untuk rumah kan atap-atap yang rusak harus dibenahi,” kata Didik Sudarsono, Kasi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Mojokerto, di lokasi.

Sebelumnya, pada Minggu (26/11), ranting pohon beringin tua di wisata sumber tiripatah dan menimpa delapan orang pengunjung. Korban rata rata mengalami luka di bagian kepala, tangan dan kaki. Para korban dilarikan ke RSUD dokter Soekandar Mojosari.

Delapan orang korban tertimpa pohon beringin diantaranya, Samsul Wakid (38), Suryani (32), Tiara Eka Sastri Wakid (14), Zaswa (3), mereka satu keluarga asal Desa Ngimbangan, Kecamatan Mojosari. Sementara empat korban lainya, Edi Bagus Handoko (13) warga Desa Mojosari, Rohmad Sarin (50), Arif (13) warga Desa Seduri, dan Tuminah (55) warga Desa Gading, Kecamatan Pungging.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge